Contoh Kalimat Pujian dan Kritikan beserta Alasannya

Saat Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan, ada banyak orang yang memberi tanggapan. Tanggapan itu dapat berupa pujian maupun kritikan. Ada orang yang memuji keputusan beliau, ada orang yang mengkritik secara kasar, dan ada pula yang mengkritik secara halus. Apa yang dimaksud pujian? Apa pula yang dimaksud dengan kritikan? Mengapa suatu hal bisa mendapat pujian dan kritikan?

Pujian
Pujian merupakan pernyataan kekaguman dan penghargaan terhadap sesuatu. Ketika seseorang berbuat baik, orang tersebut memang pantas diberi pujian. Mendapatkan pujian dari orang lain merupakan suatu kebanggaan. Namun, pujian yang berlebihan adalah tidak baik. Jangan sampai pujian malah menjadikan seseorang menyombongkan diri. Ada alasan tersendiri ketika seseorang memberikan pujian kepada orang lain. Misalnya, orang itu dermawan, berhasil meraih prestasi, menang lomba, dan sebagainya. Selain itu, ada orang yang memuji karena ada maksud tersembunyi.
tambahan: memuji karena prestasi, dan penampilan, dan atau benda yang dimiliki seseorang.

Contoh Kalimat Pujian
1. Kamu memang pintar kalau soal matematika.
2. Pintar sekali kamu berbahasa Inggris.
3. Selamat, ya, akhirnya kamu diterima di sekolah favorit.
4. Aku bangga dengan perjuanganmu menggapai sukses.
5. Kamu memang anak yang rajin.
6. Wah, kamu memang teman yang baik.
7. Aku senang akhirnya kamu meraih gelar sarjana.
8. Kamu terlihat serasi dengan pakaian itu.
9. Rumahmu bagus sekali!
10. Kampung kamu sangat sejuk.

Kritik
Kritik merupakan tanggapan mengenai baik atau buruknya suatu hal. Seseorang mengkritik suatu hal karena ada yang menurutnya tidak sesuai dengan pemikirannya. Orang yang mengkritik tersebut bisa cuma sekadar mengkritik, atau memberi kritikan yang membangun. Mengkritik bukan berarti perbuatan negatif, apalagi jika kritikan itu bertujuan agar sesuatu menjadi lebih baik.

Dalam memberi kritikan, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, seperti berikut ini.
1. Harus disampaikan secara jelas agar tidak menimbulkan kebingungan.
2. Bahasa yang dipakai harus sopan agar orang lain tidak tersinggung. Misal, seorang suami ingin mengkritik masakan suaminya yang kurang asin. Suami tersebut mengatakan kepada istrinya bahwa masakannya sudah enak, tapi lebih enak lagi kalau ditambah garam sedikit lagi.
3. Alasan harus tepat dan masuk akal.
4. Kritikan harus sesuai dengan masalah. Misal, masalah yang dibahas tentang kenaikan BBM, tapi kalian malah mengkritik penjual soto yang sotonya terlalu pedas.
5. Tidak perlu memaksakan agar kritikan kalian diterima. Kalau pun kritikan kalian tidak diterima, setidaknya kalian sudah mengingatkan.

Mengkritik dengan Alasan
Kritik yang baik adalah kritik yang membangun. Hal ini bertujuan agar sesuatu yang dikritik menjadi lebih baik. Misal, kalian ingin mengkritik teman yang malas belajar. Katakan kalau itu tidak baik dan bisa merugikan diri sendiri. Kritikan yang kasar bahkan cenderung memarahi bisa membuat orang yang dikritik sakit hati.

Contoh Kalimat Kritikan
1. Seharusnya guru tidak terlalu banyak memberikan PR kepada siswa, agar siswa memiliki waktu istirahat lebih banyak setelah belajar di sekolah.
2. Sebaiknya harga BBM jangan naik agar tidak membebani rakyat kecil.
3. Koruptor harus dihukum lebih berat lagi supaya jera.
4. Kamu sebenarnya pintar, coba kamu lebih banyak belajar.
5. Rumah kamu tampak bagus, tapi akan lebih bagus lagi jika di depan rumahmu banyak tanaman.
6. Tujuan ujian nasional sebenarnya sudah bagus, cuma sistemnya yang perlu diperbaiki.
7. Saya tidak suka kamu ribut saat jam pelajaran. Selain mengganggu teman yang lain, itu juga merugikan diri kamu sendiri.
8. Kalau sedang ada pelajaran, kamu perhatikan guru biar kamu pintar, jangan main sendiri.
9. Nasi goreng buatanmu sudah enak, cuma kurang garam sedikit saja.
10. Kamu sebenarnya orang baik, coba kamu ubah gaya bicaramu.

Kalau guru sedang menerangkan pelajaran, kamu sebaiknya jangan mengobrol sendiri. Kamu perhatikan apa yang guru terangkan. Yang untung juga kamu sendiri. Kamu bisa mendapat ilmu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan nilai ulangan yang bagus.

Demikian pembahasan mengenai kalimat pujian dan kritikan.

Advertisement
loading...
Contoh Kalimat Pujian dan Kritikan beserta Alasannya | Admin | 4.5
Open

Ada PR yang mau ditanyakan? Tanyakan lewat aplikasi Brainly Gratis.

Tanyakan di sini : Tanyakan sekarang 

Close
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.