Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Bagi yang masih sekolah, ketika kalian tidak bisamasuk sekolah karena suatu alasan, jangan sampai tidak izin ke pihak sekolah. Hal ini karena tidak masuk sekolah tanpa alasan tidak baik untuk rapor dan buku absensi. Absen dari sekolah tanpa meminta izin sama saja dengan membolos. Untuk itu, apabila kalian tidak masuk sekolah, usahakan ada suratnya kalau tidak ingin dianggap alfa.

Surat izin tidak masuk sekolah termasuk surat resmi sehingga menggunakan bahasa formal. Untuk surat izin sakit, lebih baik jika surat tersebut disertai keterangan dokter. Namun, tanpa adanya surat keterangan dokter juga biasanya sekolah tidak mempermasalahkan karena tidak semua sakit harus diperiksakan ke dokter. Namun, biasanya pihak sekolah mengharuskan surat keterangan dokter bagi murid yang tidak masuk sekolah karena sakit dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, siswa yang tidak masuk sekolah tiga hari berturut-turut karena alasan sakit, hari keempatnya harus mengirimkan surat keterangan dokter jika siswa tersebut masih belum juga berangkat sekolah.

Surat izin tidak masuk sekolah biasanya dibuat oleh orang tua atau wali murid yang bersangkutan. Namun, tak jarang juga surat izin tersebut dibuatkan oleh teman siswa yang bersangkutan karena alasan tertentu, tetapi tetap menyatakan bahwa yang membuat surat adalah orang tua atau wali murid.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

1. Surat izin dengan alasan sakit

Jakarta, 1 Oktober 2014

Yth. Bapak/Ibu Guru
SMA Barbel Melayang
Jakarta

Dengan hormat,
Dengan ini kami selaku orang tua murid dari:

nama: Salsabila Aisha Ramadhani
kelas: X-1

memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasanya karena sakit. Untuk itu, kami mohon agar Bapak/Ibu Guru berkenan memberikan izin.

Demikian surat izin ini kami buat, atas izin Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

(ttd)

Rudiantoro

2. Surat izin dengan alasan kepentingan keluarga

Bandung, 2 Oktober 2014

Yth. Bapak/Ibu Guru
SMA Anti Galau
Bandung

Dengan hormat,
Kami selaku orang murid yang bernama Naura Hasna Annida kelas X-2 tidak dapat hadir seperti biasanya karena ada kepentingan keluarga. Oleh karena itu, kami mohon agar Bapak/Ibu Guru memberikan izin kepada anak kami.

Atas izin yang Bapak/Ibu Guru berikan, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

(ttd)

Siti Rokhimah

Itulah beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah. Referensi di atas jangan disalahgunakan. Jangan hanya karena berniat membolos, kemudian membuat surat izin dengan alasan sakit atau yang lainnya.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah | Admin | 4.5
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.