Contoh Surat Pengumuman Sekolah SMP / SMA Sederhana

Ketika ada informasi yang perlu diketahui orang banyak, biasanya orang membuat pengumuman. Melalui pengumuman, suatu informasi bisa lebih cepat diketahui banyak orang. Pengumuman bisa dalam bentuk lisan maupun tulisan. Adapun dalam bentuk tulisan, pengumuman harus diletakkan di tempat yang strategis agar banyak orang yang melihatnya. Selain itu, bisa juga dengan menyebarkan selembaran kertas berisi pengumuman kepada orang-orang

Dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, pengumuman bisa disebar melalui internet. Namun, surat pengumuman juga masih banyak digunakan. Misalnya, surat pengumuman beasiswa, pengumuman lomba, dan sebagainya.

Ada dua macam surat pengumuman, yaitu surat pengumuman resmi dan tidak resmi. Bedanya terletak pada kop surat. Pada surat pengumuman resmi, ada kop surat pada bagian atasnya. Selain itu, bahasa yang digunakan adalah bahasa yang resmi. Hal ini berbeda pada surat pengumuman tidak resmi yang menggunakan bahasa sehari-hari, tapi tetap sopan.

Surat Pengumuman Resmi

1. Kop Surat
Melalui kop surat, pembaca bisa tahu instansi mana surat tersebut berasal.

2. Nomor surat
Pada surat resmi, seringkali terdapat nomor surat. Apa kegunaannya? Bagi pembaca mungkin informasi tentang nomor surat tidak penting. Namun, bagi instansi yang mengeluarkan surat tersebut, nomor surat penting keberadaannya. Nomor surat ini berguna untuk pengarsipan. Selain itu, keberadaan nomor surat juga berguna untuk melacak surat-surat tertentu.

3. Tanggal
Tanggal harus disertakan dalam surat agar pembaca tahu kapan surat ini dibuat. Jangan sampai salah melihat tanggal pada tanggal pengumuman. Misal, isi pemberitahuan pada surat pengumuman adalah 20 Maret, tetapi surat dibuat tanggal 12 Februari.

4. Perihal dan lampiran
Perihal atau hal berisi tentang maksud dan tujuan surat itu dibuat. Dalam hal ini, perihal untuk surat pengumuman adalah pengumuman. Bagian ini tidak harus disertakan. Sedangkan untuk bagian lampiran berguna untuk memberitahukan informasi tambahan yang diperlukan tetapi tidak disertakan dalam surat

5. Penerima surat
Bagian ini berisi informasi tentang kepada siapa saja surat ini dituju. Jika tujuannya adalah satu orang, tulis nama beserta alamat lengkapnya.

6. Isi
Ini adalah bagian inti dari surat pengumuman. Bagian ini memuat informasi yang hendak disampaikan dalam surat pengumuman.

7. Tembusan
Bagian tembusan bisa disertakan bila perlu. Tembusan ditujukan pada pihak yang berhubungan dengan surat pengumuman.

Contoh Surat Pengumuman Sekolah Sederhana

PENGUMUMAN

Dalam rangka lomba kebersihan kelas, kami mewakili panitia OSIS memberitahukan kepada para ketua dan wakil kelas 10-12 SMA Nusa Bakti untuk hadir pada:

hari/tanggal: Selasa, 3 Maret 2015
waktu: pukul 10.00 WIB
tempat: aula SMA Nusa Bakti

guna mengikuti pembinaan. Demikian surat pengumuman ini kami buat. Kami harap kehadiran kalian.

Ttd

Panitia OSIS

Untuk SMP, tinggal ganti kelas dan nama sekolahnya. Surat di atas hanya contoh, tidak bermaksud mewakili sekolah yang sesungguhnya (jika ada).

Demikian pembahasan mengenai surat pengumuman.

Advertisement
loading...
Contoh Surat Pengumuman Sekolah SMP / SMA Sederhana | Admin | 4.5