Contoh Surat Pribadi Bahasa Indonesia

Surat merupakan media komunikasi tradisional lewat tulisan. Orang menggunakan surat untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Bayangkan zaman dulu, orang harus pergi ke kantor pos untuk mengirim surat, kemudian menunggu balasan dalam waktu lama. Bandingkan dengan sekarang, teknologi komunikasi sudah canggih. Untuk berkomunikasi jarak jauh bisa lewat SMS. Bahkan orang yang jaraknya berjauhan bisa berkomunikasi secara lisan lewat telepon. Apalagi kini ada internet, penyampaian informasi menjadi lebih cepat.

Meskipun begitu, surat masih digunakan hingga kini. Dengan begitu, surat masih belum ketinggalan zaman. Namun demikian, itu hanya sebatas surat resmi. Untuk jenis surat tidak resmi peranannya sudah digantikan oleh ponsel dan internet. Namun begitu, mengetahui seperti apa surat tidak resmi juga tidak ada salahnya untuk menambah pengetahuan kita tentang surat. Setidaknya kita tahu bahwa zaman dulu pernah digunakan media komunikasi seperti itu.

Surat pribadi merupakan contoh surat tidak resmi (informal). Karena informal, bahasa yang digunakan pun tidak harus baku. Bahasa dalam surat pribadi bisa dengan menggunakan bahasa sehari-hari.

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Bandung, 1 Oktober 2014

Kepada Sahabatku Rosi
di Yogyakarta

Assalamu ‘alaikum
Rosi, sudah lama ya kita nggak ketemu. Aku kangen banget sama kamu. Aku seneng bisa nulis surat ini untuk kamu. Aku di sini baik-baik saja. Bagaimana kabarmu sekarang? Mudah-mudahan kamu sehat selalu.

Rosi, bagaimana sekolahmu? Waktu UN lancar kan? Pasti lancar dong, kamu kan pinter. Kalau aku sih awalnya deg-degan banget. Aku takut nggak bisa jawab. Tapi, akhirnya aku bisa menjawab semuanya. Aku lega akhirnya aku bisa melewati UN. Aku tinggal menunggu hasilnya nanti, semoga lulus.

Setelah lulus nanti, rencananya aku ingin melanjutkan kuliah ke UGM. Semoga bisa keterima di sana. Kalau aku kuliah di sana kan bisa lebih dekat sama kamu. Kamu nanti menanjutkan kuliah juga kan?

Rosi, sekian dulu ya surat kali ini. Aku tunggu ya surat balasan dari kamu.

Wassalamu ‘alaikum

Sahabatmu,

(ttd)

Syifa

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Banyumas, 1 Oktober 2014

Yang tersayang
Kakakku Zaenal
di Jakarta

Hai kakak, apa kabar? Mudah-mudahan baik-baik saja. Kami sekeluarga di sini baik-baik saja. Dua bulan kakak pergi merantau bikin aku kangen sama kakak.

Kak, gimana pekerjaan kakak di sana? Apa kakak betah? Ibu pesan ke aku agar kakak tetep ingat keluarga di sini. Kalau kakak sudah sukses, jangan lupa sama kami. Kami sayang banget sama kakak. Di sini kami mendoakan agar kakak bisa sukses di perantauan sana.

Sekian surat dariku. Kalau ada waktu, balas ya suratku. Maaf ya kak kalau tulisannya jelek.

Adikmu yang rewel,

(ttd)

Alif

Itulah beberapa contoh surat pribadi bahasa Indonesia.

Advertisement
loading...
Contoh Surat Pribadi Bahasa Indonesia | Admin | 4.5
Open

Ada PR yang mau ditanyakan? Tanyakan lewat aplikasi Brainly Gratis.

Tanyakan di siniTanyakan sekarang 

Close
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.