Contoh Teks Anekdot Monolog Tema Layanan Publik dan Pendidikan

Anekdot yang dipublikasikan dalam entri kali ini merupakan anekdot dalam bentuk monolog. Ada dua anekdot monolog yang Admin sajikan, yang pertama bertema layanan publik dan yang kedua bertema pendidikan.

Busway atau bus Trans Jakarta?
Bus merupakan angkutan umum beroda empat atau lebih untuk memuat orang banyak. Ada berbagai jenis bus. Kalau di Jakarta ada yang namanya busway. Bus ini lewat di jalur khusus. Kendaraan lain tidak boleh melewati jalur tersebut. Yang jadi pertanyaan, busway itu nama bus atau nama jalurnya?

Sebenarnya nama bus yang saya maksud adalah bus Trans Jakarta. Namun, nama bus ini sering dipadankan dengan busway. Dengan kata lain, busway adalah nama lain bus Trans Jakarta. Padahal jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, busway berarti jalan untuk bus. Kata busway berarti merujuk kepada jalur yang dikhususkan untuk dilewati bus.

Masalah penggunaan jalur, bus selain bus Trans Jakarta tidak boleh melintas di jalur busway. Padahal busway adalah jalur bus. Lha wong namanya jalur untuk bus, masa ada bus selain bus Tans Jakarta yang lewat di situ tidak boleh?

Guru di Indonesia
Kalau dipikir-pikir, jadi guru itu enak, apalagi kalau sudah PNS. Mau mengajar atau tidak, gajinya tetap. Bahkan ada bulan di mana guru sama sekali tidak mengajar, tapi tetap digaji. Ironisnya, para siswa tetap harus membayar SPP. Itu terjadi kalau ada semesteran, satu minggu untuk ulangan, satu minggu untuk remidial, dua minggu sisanya liburan sekolah.

Guru kalau sedang malas mengajar atau tidak hadir, tinggal kasih tugas ke para siswa. Kondisi inilah yang disebut jam kosong. Banyak siswa yang senang dengan jam kosong. Mending kalau diberi tugas, kalau tidak ada tugas sama sekali? Kelas rasanya sudah seperti pasar. Seharusnya kalau jam kosong atau pulang cepat, para siswa merasa rugi. Coba bayangkan, sudah bayar SPP, tapi malah tidak ada yang mengajar.

Saya bingung dengan cara guru memberikan nilai di rapor. Siswa yang ulangan sering mendapatkan nilai 60 ke bawah, begitu di rapor nilainya 80, bahkan bisa 90 mungkin.

loading...

Saya juga bingung dengan guru yang melarang siswa menyontek, begitu ujian malah menyuruh para siswanya agar bekerja sama. Iya sih biar semua siswanya lulus, tapi nggak gitu juga kali.

Itulah beberapa contoh teks anekdot monolog.

loading...
Contoh Teks Anekdot Monolog Tema Layanan Publik dan Pendidikan | Admin | 4.5